Sabtu, 13 Oktober 2012

SEJARAH VESPA

Ngomongin soal Vespa, apalagi bagi para scooteris/vespiti nggak akan ada habisnya,,dibahas tiga hari tiga malam pun pasti masih seru,,Vespa tidak akan pernah ada kalau nggak ada perang dunia ke I dan II serta orang Italia,

Pada suatu hari tahun 1884 seorang warga Italia bernama Rinaldo Piaggio mendirikan suatu perusahaan peralatan kapal di kota Genoa Italia.Perusahaan itu diberi nama Piaggio (keren ya..sampai sekarang nama itu tetap dikenal semua orang di dunia)
Perusahaan Piaggio berkembang pesat sehingga mengembangkan usahanya dengan memproduksi mesin kereta api,gerbong kereta,rel kereta sampai body truck (segedhe apa pabriknya ya??), Pada saat perang  Dunia I tahun (1914-1918)  perusahaan si Rinaldo Piagio juga memproduksi pesawat terbang dan kapal laut.
Si Rinaldo semakin tahun semakin sukses terbukti pada tahun 1917 Piagio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Ponterada di daerah tuscany Italia. 

943 MP 5 Paperino / Donal Bebek
Ide untuk membuat sebuah produk untuk konsumsi massa dengan biaya murah telah memacu semangat Enrico Piaggio untuk mempelajari dan menemukan solusi agar tetap dapat melanjutkan produksi pada masa perang berakhir. Di sebuah pabrik di kota Biella, terciptalah skuter motor yang prototipenya dibuat oleh Ir. Renzo Spolti bersama stafnya. Skuter ini diberi nama MP5 (Moto Piaggio 5), sedangkan para buruh menyebutnya “Donal Bebek”. Namun ternyata Enrico Piaggio kurang menyukai prototipe itu. Karena itulah ia mempercayakan Corradino D’Ascanio untuk mempertimbangkan lagi dan membuat sesuatu yang berbeda dan lebih maju baik dari segi teknis maupun desain. D’Ascanio tidak melakukan perubahan pada skuter Donal Bebek itu, tetapi ia menciptakan kendaraan yang sama sekali baru, yaitu Vespa!
Sebelum Vespa, skuter Donal Bebek itu sempat diproduksi sekitar 100 buah. Saat ini skuter itu sangat diminati dan dicari oleh para kolektor seluruh dunia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar